Jumat, 11 Desember 2009

RUKUN AGAMA

Rukun agama ada 3 (tiga), yaitu:
1. Islam
2. Iman
3. Ihsan
Dari 'Umar Radhiyallahu 'Anhu juga, telah berkata: Ketika kami duduk dekat Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam pada suatu hari maka dengan tiba-tiba datang kepada kami seorang laki-laki yang memakai pakaian yang sangat putih, berambut yang sangat hitam, tidak nampak padanya tanda-tanda perjalanan dan tak ada seorang pun di antara kami yang mengenalnya, hingga ia duduk di hadapan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, lalu merapatkan lututnya ke lutut beliau dan meletakkan kedua telapak tangannya di atas paha (Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam), seraya bertanya: Wahai Muhammad, beritahukanlah padaku tentang Islam! Maka Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menjawab: "Islam adalah keharusan bagi engkau bersaksi bahwa tiada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Allah dan Muhammad itu utusan-Nya, engkau mendirikan shalat, engkau mengeluarkan zakat, berpuasa pada bulan Ramadhan dan mengerjakan haji ke Baitullah bila engkau mampu." Dia berkata: Engkau benar. Maka kami heran, dia yang bertanya dan dia pula yang membenarkannya.
Lalu dia bertanya lagi: Beritahukanlah padaku tentang Iman! Jawab Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: "Hendaklah engkau beriman kepada Allah, kepada malaikat-malaikat-Nya, kepada kitab-kitab-Nya, kepada rasul-rasul-Nya, kepada hari kiamat, dan hendaklah engkau beriman kepada qadar yang baik dan buruk." Orang itu berkata: Engkau benar.
Dia bertanya lagi: Beritahukanlah kepadaku tentang Ihsan! Jawab Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: "Hendaklah engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihat-Nya, jika engkau tidak dapat melihat-Nya, maka sesungguhnya Dia melihatmu."
Dia bertanya lagi: Beritahukanlah aku tentang (kapan) hari kiamat! Jawab Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: "Orang yang ditanya tentang itu tidak lebih tahu dari penanya itu sendiri."
Dia bertanya lagi: Beritahukanlah aku tentang tanda-tandanya! Jawab Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: "(di antaranya) jika seorang hamba (sahaya) telah melahirkan tuannya (majikannya), dan jika engkau melihat orang yang tak beralas kaki, tidak berpakaian, miskin dan penggembala kambing saling berlomba untuk membangun gedung yang tinggi."
Kemudian orang tadi pergi, lalu saya diam dalam waktu yang lama. Kemudian Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda: "Wahai 'Umar, tahukah engkau siapa penanya tadi?" Jawabku: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui, sabda Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam: "Sesungguhnya dia adalah Jibril yang datang kepada kalian untuk mengajarkan agama kalian." Diriwayatkan oleh Imam Muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar