Jumat, 18 Desember 2009

AQIDAH SALAF (Risalah Habib Ahmad bin Zein AL-Habsyi)

Habib Ahmad bin Zein Al-Habsyi (1069-1145 H) berkata:
Dasar-dasar iman adalah meyakini bahwa Allah Ta'ala itu ada. Dia Maha Esa. Tiada sekutu bagi-Nya, tiada yang mirip dengan-Nya, dan tiada yang menyerupai-Nya.
Tidak ada sesuatu pun yang mirip dengan-Nya dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat.
Dia menciptakan langit dan bumi, kematian dan kehidupan, ketaatan dan kedurhakaan, kesehatan dan penyakit. Dia menciptakan alam semesta dan segala isinya. Dia menciptakan makhluk dan perbuatannya. Dia menetapkan rizki dan ajalnya, (dan keduanya) tidak bertambah dan pula berkurang. Tidak akan ada satu kejadian pun yang berlangsung, kecuali dengan qadha, qadar dan iradah-Nya.
Dan sesungguhnya Allah Ta'ala, Maha Hidup, Maha Mengetahui, Maha Berkehendak, Maha Kuasa, Maha Berbicara, Maha Mendengar, dan Maha Melihat. Dia mengetahui tipu daya penglihatan dan apa yang tersembunyi dalam hati. Dia mengetahui apa yang dirahasiakan dan apa yang sangat tersembunyi. Dia menciptakan segala sesuatu dan Dia Maha Esa lagi Perkasa.
Dan Allah Ta'ala mengutus Sayidina Muhammad, hamba dan rasul-Nya, kepada seluruh makhluk untuk memberi mereka petunjuk (hidayah) dan untuk menyempurnakan kehidupan mereka di dunia dan akhirat. Dan Allah memperkuat beliau dengan mukjizat-mukjizat yang jelas lagi mengagumkan. dan mukjizat beliau yang paling agung dan abadi adalah Al-Quranu 'l-'azhim.
dan Nabi SAW menyampaikan dengan jujur berita-berita dari Allah SWT mengenai shirath (jembatan menuju surga), mizan (timbangan amal), haudh (telaga) dan lain-lain persoalan akhirat serta alam barzakh (alam kubur), misalnya: pertanyaan 2 malaikat (Munkar dan Nakir di dalam kubur), siksa kubur dan kenikmatan-kenikmatan di dalamnya.
Dan (meyakini) kebenaran Quran dan seluruh kitab-kitab Allah yang telah diturunkan, juga meyakini adanya malaikat, surga, neraka, dan semua yang diberitakan oleh Sayidina Muhammad SAW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar