Minggu, 03 Januari 2010

BERTANYA KEPADA ORANG YANG MENGERTI AL-QURAN DAN AS-SUNNAH

Al-'Allaamah Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad mengatakan:
Ketahuilah bahwa tidak semua orang mampu mengukur segala gerak-geriknya serta lahir batinnya dengan Al-Quran dan As-Sunnah. Hal itu hanya khusus bagi para ulama rasikhun (yang mendalam ilmunya lagi kuat pijakannya). Maka bila Anda menjumpai kesulitan, kembalilah kepada orang-orang yang Anda diperintahkan untuk kembali kepadanya seperti dalam firman Allah SWT:
Maka bertanyalah kepada AHLUDZ DZIKRI jika kamu tidak mengetahui. (An-Nahl, 16:43)
(Ciri-ciri) ahludz dzikri adalah :
  1. Ulama yang memiliki ilmu tentang Allah, atas perkenan-Nya, dan juga
  2. Mengamalkan ilmu itu semata-mata demi mencari keridhaan-Nya;
  3. Ulama yang berzuhud dalam kehidupan dunianya, yakni hatinya tidak terpaut dengan dunia;
  4. Ulama yang tidak pernah dilalaikan oleh perdagangan apapun dari mengingat Allah;
  5. Uama yang berdakwah (menyeru) kepada Allah dengan hati yang sadar dan
  6. Ulama yang disingkapkan bagi mereka rahasia-rahasia-Nya

Namun pada masa sekarang di seluruh persada bumi ini sungguh amat sulit menjumpai walaupun hanya satu orang saja dari mereka. Sampai-sampai beberapa dari kalangan tokoh penting berani menyatakan bahwa ahludz dzikri itu kini sudah tidak ada. Akan tetapi yang benar adalah bahwa mereka itu pasti ada, namun Allah SWT telah menyelubungi mereka dengan kekuasaan-Nya dan menyembunyikan mereka dari pengetahuan manusia, disebabkan kelalaian orang-orang khusus dan berpalingnya orang-orang awam. Maka barangsiapa yang bersikap tulus dan sungguh-sungguh mencari mereka, insya Allah akan menjumpai, paling sedikit, seorang dari mereka. Sebab ketulusan adalah laksana pedang amat tajam yang bila ditetakkan atas sesuatu pasti memotongnya. Pada hakikatnya bumi ini tidaklah akan kosong dari seorang 'qaim lillaahi bihujjah (penegak hujjah Allah). Rasulullah SAW pernah bersabda:

Selalu akan ada sekelompok dari umatku yang tetap membela kebenaran (Agama), tidak teralangi oleh siapa pun yang menentang mereka sampai datangnya saat ketentuan Allah.

Mereka itulah bintang-bintang bumi, petugas-petugas pembawa amanat, wakil-wakil al-Musthafa (Nabi SAW), dan pewaris para nabi lainnya. Semoga ridha Allah atas mereka dan mereka pun ridha sepenuhnya akan Tuhan mereka. Merekalah Hizbullah (kelompok yang dekat dengan Allah) dan sesungguhnya Hizbullah adalah orang-orang yang berjaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar