Sabtu, 24 April 2010

'UZLAH

Para salaf shalih selalu melakukan 'uzlah (pengasingan diri). Mereka bergaul dengan orang lain hanya demi kemaslahatan syar'i. dalam perilaku seperti ini, para salaf memiliki tingkatan yang berbeda-beda.
Orang yang banyak bergaul dengan masyarakat luas, dianggap keluar dari jalan salaf shalih, bahkan kehilangan manfaat. Karena, orang yang banyak mendapat sorotan dari masyarakat luas, akan hina dan jatuh di mata mereka. Mereka pun akan memandangnya tidak berbeda dengan mereka dalam hal kehinaan akhlak dan kelalaian akan Allah Ta'ala.
Aku masih ingat, suatu hari, aku mengunjungi seorang syaikh. Pertemuanku dengannya nyaris terbebas dari ghibah, meskipun masih ada sedikit. Setelah pertemuan kali itu, aku sengaja jarang menunjunginya, aku akan mencoreng keberagamaanku dan keberagamaannya, bukan karena ku meremehkan haknya. Jika dalam pertemuan dengan para syaikh saja bisa muncul ghibah, bagaimana dalam pertemuan dengan selain mereka?! Maka, wahai saudaraku, jagalah dirimu dengan baik setiap kali mengunjungi seseorang di zaman sekarang. Jangan meremehkan masalah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar